24
Feb
2019

Prodi Televisi dan Film menjadi Tempat Uji Kompetensi Bidang Perfilman

Prodi Televisi dan Film, FSRD, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta di awal tahun 2019 mendapatkan berita gembira. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kreator Film dan Televisi sebagai LSP Pihak ke 3 atau dari stakeholder profesi memberikan penetapan kepada ISI Surakarta sebagai Tempat Uji Kompetensi  (TUK) di bidang Perfilman. Hal ini merupakan tindak lanjut dari proses verifikasi yang telah dilakukan pada bulan Juni 2018 yang lalu.

Dekan FSRD didampingi Kajur Seni Media Rekam dan Kaprodi Televisi dan Film bersama Ketua LSP Kreator Film dan Kabid Organisasi dan Jaringan BPI

Pada tanggal 7 Februari 2019 bertempat di kantor LSP Kreator Film dan Televisi, di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan-Jakarta Selatan, Dekan FSRD (Joko Budiwiyanto), Ketua Jurusan Seni Media Rekam (Sri Wastiwi Setiawati) dan Kaprodi Televisi dan Film (Titus Soepono Adji) menerima surat Penetapan ISI Surakarta sebagai Tepat Uji Kompetensi Bidang Perfilman yang langsung diberikan oleh Ketua LSP Kreator Film dan Televisi (Embi C Noor) bersama Ketua Bidang Organisasi dan Jaringan, Badan Perfilman Indonesia (Gunawan Paggaru).

ISI Surakarta dipandang memenuhi kualifikasi penyelenggara Tempat Uji Kompetensi yang ditentukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), antara lain fasilitas, SDM Asessor, serta lokasi yang mewakili regional tertentu, yaitu: Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Saat ini ISI Surakarta telah memiliki 3 orang asessor di bidang perfilman; yaitu Sri Wastiwi Setiawati, Widhi Nugroho dan Andre Triadiputra.

Sertifikasi di bidang perfilman saat ini telah memiliki 5 Skema okupasi bidang perfilman, yaitu: Operator Kamera, Editor Film, Production Designer, Sound Designer , Production Sound Mixer.

Share

You may also like...