01
Mar
2022

Mahasiswa Film dan Televisi ISI Surakarta Berhasil Raih Juara II Lomba Film Pendek HUT Pemkot Solo

Mahasiswa Program Studi Film dan Televisi (FTV), FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memenangkan Lomba Film Pendek “Kampungku Kebanggaanku”. Ucapan selamat dan sukses kepada tim produksi film ini, karena tak hanya berhasil membawa kampung Mojosongo menjadi kampung kebanggaan kota Solo, namun mahasiswa yang tergabung dalam tim produksi film ini pun jadi kebanggaan civitas akademika kampus ISI Surakarta. Pasalnya, meski terbilang dengan masa produksi cukup singkat, film Meomuleuda berhasil raih Juara II di HUT ke-277 Pemkot Solo 2022.

Film berjudul Meomuleuda garapan tim produksi Riza B. Utomo (Sutradara), Daniel A. Morgana (Penata Artistik), Yoshua Putra W. (editor) ini menghadirkan Gustami Hayu Panastuti sebagai talent dari Prodi Karawitan. Film berdurasi kurang dari 7 menit ini dibuat dengan durasi waktu yang cukup singkat yakni dua hari. Masa pendaftaran kompetisi pada 10 Februari 2022 dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 17 Februari 2022. Judul film ini diambil dari bahasa Korea yang berarti “tinggal’’. Sesuai dengan sinopsis film ini,  Meomuleuda mengisahkan seseorang bernama “Dewi” yang telah lama studi di Korea dan kini pulang ke kampung halamannya yaitu Mojosongo-Solo. Sepulang dari Korea, Dewi diajak oleh Kim, yaitu kekasihnya seorang warga negara Korea, untuk menetap di Korea Selatan usai menikah nanti. Namun, sebuah dialog romantik antara keduanya, membuat Kim mengurungkan niatnya.

“Kami merasa bangga dengan pencapaian ini karena dengan waktu produksi yang relatif singkat dan tim produksi yang tidak banyak mampu menghasilkan raihan sebagai Juara II pada ajang lomba ini. Terima kasih untuk semua tim produksi film Meomuleuda. Semoga tahun depan dapat berpartisipasi kembali dan mampu meraih juara pertama,” kata Daniel A. Morgana.

Lomba Film Pendek ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta dalam rangka Hari Jadi Kota Solo ke-277. Lomba ini ditujukan untuk memperkuat rasa handarbeni warga terhadap kota Solo, sekaligus mempromosikan kampung di wilayah kota Solo.

“Luar biasa dan salut untuk Daniel, Riza, Yoshua, Gutami dan kawan-kawan tim produksi film lainnya. Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19 teman-teman mahasiswa masih mampu meluangkan waktunya untuk selalu berkarya dan berprestasi. Semoga ‘mental juang’ seperti ini mampu menjadi inspirasi bagi teman-teman khususnya mahasiswa prodi. Film dan Televisi dan umumnya seluruh mahasiswa ISI Surakarta,” imbuh N.R.A. Candra Dwi Atmaja selaku salah satu dosen pembimbing mahasiswa Film dan Televisi. (Farhana)

Share

You may also like...