24
Apr
2022

Workshop Video Konten Kreatif di Desa Wayang Butuh Sidowarno Klaten

ISI SOLO– Desa Butuh di Klaten sebagai Desa Wayang perlu dikenal lebih luas oleh masyarakat di dunia maya, terutama generasi muda. Berangkat dari hal itu, Prodi Film dan Televisi FSRD ISI Surakarta mengadakan pelatihan creative content bagi beberapa pemuda-pemudi keluarga perajin wayang di Desa Sidowarno, Klaten. Workshop konten kreatif ini dilakukan selama lima hari di setiap akhir pekan bulan April 2022 bertempat di Joglo Omah Wayang, Sidowarno, Kec. Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

Workshop editing video untuk konten kreatif sosial media oleh mahasiswa Prodi FTV ISI Solo

Peserta pelatihan terdiri tim media Desa Wayang dilatih oleh empat mahasiswa instruktur dari Prodi Film dan Televisi FSRD ISI Surakarta, yaitu Ulil Absor, Laska Indah Wulankawukir, Adhi Hamdan, dan Simfoni J. Firdausi. Pelatihan ini difokuskan tentang penguasaan konsep visual, videografi, syuting, dan editing untuk kebutuhan konten kreatif di media sosial. Pemanfaatan medsos untuk mempublikasikan wayang ini merupakan rangkaian program riset keilmuan bertajuk “Butuh-Gaul” yang diketuai oleh Jaka Rianto.

Workshop syuting konten kreatif perajin wayang dengan menggunakan gawai oleh mahasiswa Prodi FTV ISI Solo

Ranang AS selaku dosen pembimbing menyampaikan meski hanya menggunakan gawai tetapi mereka diharapkan dapat menghasilkan konten kreatif yang menarik. Nantinya, konten kreatif tentang Desa Wayang akan menghiasi medsos baik Instagram maupun Youtube. 

“Itupun, hasil kreasi dari pemuda-pemudi setempat pemilik industri kecil kerajinan wayang. Selain itu, mereka juga dikenalkan cara menjual produk kerajinan wayang secara online di marketplace seperti Facebook, Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak,” ungkapnya. [] Sofyan

Share

You may also like...