Breaking News

Default Placeholder

ISI Solo–Prodi Film dan Televisi ISI Surakarta menyelenggarakan Kuliah Umum bertajuk Festival Film pada Senin (20/3/23) di Gedung Sungging Prabangkara. Pemateri yang hadir yaitu Presiden Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF), Dr. Budi Irawanto, S.IP., M.A., yang juga merupakan Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol Universitas Gadjah Mada.

Pemateri Kuliah Umum Prodi FTV ISI Surakarta “Festival Film” Dr. Budi Irawanto, S.IP., M.A. (20/3/2023) Doc: Yuditia Leo Andhika

Program Studi Film dan Televisi ISI Surakarta sebagai salah satu stakeholder dalam menunjang ekosistem perfilman mempunyai andil yang cukup besar pada festival film. Karya-karya film mahasiswa yang dihasilkan selama ini memberikan kontribusi nyata pada ekosistem festival film yang di Indonesia. “Sayangnya, pengetahuan akan apresiasi dan distribusi film pada festival film ini tidak banyak diketahui oleh mahasiswa. Oleh karenanya, kuliah umum dengan tema “Festival Film” ini dihadirkan sebagai upaya membangun literasi dan referensi bagi mahasiswa terhadap peta festival film yang ada, ungkap Widhi Nugroho, S.Sn., M.Sn., Ketua Program Studi Film dan Televisi FSRD ISI Surakarta.

Salah satu festival film yang dapat dijadikan sebagai literasi adalah JogjaNETPAC Asian Film Festival (JAFF). Festival yang digelar hingga tahun ke-17 sejak 2006 di Yogyakarta ini merupakan festival film terbesar di Indonesia berfokus pada perkembangan sinema Asia. Selain itu, JAFF memberikan kontribusi untuk perkembangan sinema Indonesia dan ruang bagi persimpangan berbagai sektor seperti seni, budaya, dan pariwisata.

Pada pemaparannya, Dr. Budi Irawanto, S.IP., M.A. menyampaikan materi tentang bagaimana menggali dan memaknai festival film, karakteristik dan ragam festival film, hingga tentang pengalaman JAFF beserta tantangannya. “When you go to the festivals, you meet various people with various films. They are places of festivity where film lovers meet films; they laugh, cry and cheer with films”, mengutip apa yang disampaikan Kim Dong Ho (BIFF Founder), Dr. Budi Irawanto, S.IP., M.A. menambahkan bahwa festival sesungguhnya memiliki sejarah yang tua sebagai bagian dari ritual keagamaaan, perayaan usai memanen atau menyambut datangnya musim semi. Di masa lalu, festival yang kental dengan aroma pesta kerapkali menjungkirbalikkan tatanan dan hirarki. Festival juga menjadi momen untuk mengungkapkan rasa syukur dan merekatkan kebersamaan. Festival mempromosikan keragaman, mempertemukan orang dengan latar berbeda, memekarkan kreativitas dan memberikan kesenangan bagi mereka yang terlibat.

Festival film merupakan perayaan terhadap film dan ruang perjumpaan antara pembuat film dengan penggemarnya yang turut mempromosikan kota tempat berlangsungnya festival. Lebih dari sekadar memutar film, festival film bisa menjadi medium literasi, edukasi, apresiasi dan menciptakan relasi atau berjejaring. Keberlanjutan sebuah festival film merupakan tantangan yang menuntut kemampuan untuk merawat semangat, menjaga daya tahan serta beradapatasi dengan perkembangan teknologi.

Di akhir paparannya, dosen yang juga merupakan Kepala Program Doktor Prodi Pengkajian Seni Pertunjukan  dan Seni Rupa Universitas Gadjah Mada ini menyatakan pula tentang tantangan festival film dari aspek merebaknya layanan digital akses film dalam menikmati film secara personal. Selain itu, kolaborasi festival lain dengan irisan tema dan jadwal tumpang tindih sampai pada tantangan sumber pendanaan festival yang berpotensi akan intervensi politik dihadapkan dengan independensi festival.

Harapannya dengan kuliah umum Festival Film, sivitas akademika di lingkungan Film dan Televisi ISI Surakarta memiliki literasi dan referensi terhadap peta festival film baik di luar maupun dalam negeri yang dapat dijadikan sebagai penguatan dalam apresiasi dan distribusi karya film pada rangkaian hasil pembelajaran pada mata kuliah terpadu. Melalui festival ini-Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), dapat mempelajari bagaimana sebuah festival dibuat dan dikelola dari inisiatornya secara langsung.[] Farhana Aulia

Share Article:

https://baperlitbang.banjarnegarakab.go.id/maxwin/ https://jdih.banjarnegarakab.go.id/product/tgacor/