Breaking News

Default Placeholder

ISI Surakarta—BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) melakukan Asesmen Lapangan Akreditasi terhadap Prodi Film dan Televisi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada 29—30 Mei 2023 di Kampus II, FSRD ISI Surakarta. Asesmen lapangan dilakukan terhadap program studi yang memenuhi persyaratan evaluasi kecukupan. Hasil asesmen lapangan digunakan oleh oleh Dewan Eksekutif BAN-PT untuk menetapkan status akreditasi dan peringkat terakreditasi. Penetapan hasil tersebut dituangkan dalam bentuk keputusan BAN-PT dengan masa berlaku 5 (lima) tahun.

Tim Asesor yang hadir di Asesmen Lapangan yaitu Dr. Agung Eko Budiwaspada, M.Sn. dari Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Dr. Prayanto Widyo Harsanto, M.Sn. dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Asesor mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan perguruan tinggi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi program studi, serta menjamin bahwa proses akreditasi dilakukan secara independen, akurat, obyektif, transparan, akuntabel, ketidakberpihakan, kredibel, menyeluruh, efektif, dan efisien. Hal ini sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 32 Tahun 2016; PerBan-PT Nomor 2 Tahun 2017. 

Tim Akreditasi Prodi Film dan Televisi FSRD ISI Surakarta bersinergi dengan berbagai pihak dalam mempersiapkan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) sebagai bahan penilaian yang akan dikonfirmasi Asesor beserta bukti lainnya untuk kepentingan asesmen lapangan. Pada kegiatan ini hadir pula pemangku jabat ISI Surakarta, Unit Penjaminan Mutu, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan, mitra kerja, dan pihak-pihak yang terlibat lainnya. 

Kehadiran para dosen prodi FTV dan lainnya, juga dari Ketua Jurusan Seni Media Rekam Purwastya Pratmajaya Adi Lukistyawan, S.Sn., M.Sn., PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) dan tenaga kependidikan sangat berperan aktif dalam mendukung akreditasi dalam berbagai sesi, baik dari penyiapan fasilitas hingga saat sesi wawancara (konfirmasi). Selain itu, wawancara dengan alumni dan pengguna lulusan sebagai data penting dalam pengembangan kurikulum pembelajaran dan menciptakan suasana akademik pada dunia seni film dan televisi. 

Pihak tenaga kependidikan pun membantu dalam sesi wawancara pada Asesor di antaranya yaitu, Keuangan : Ike Marsanti, A.Md., Kepegawaian : Sardiman, S.E., Sarana Prasarana : Jumadi, S.E., Akademik : Mika Hariyani, S.Pd., Laboran : Sugito, M.Sn., Sistem Informasi : Ade Hidayat, S.Kom. dan Perpustakaan : M. Ali Nurhasan I., S.Sos., M.A.

Beberapa alumni, mahasiswa, pengguna lulusan dan mitra di antaranya yaitu Rangga Wijaya, S.Sn. (After Take Post Production) hadir melalui Zoom Meeting, Erika Dyah Muftiarini, S.Sn. dari SMKN 8 Surakarta, Ni’matul Faizah, S.Sn. dari Solo Pos, Agung Gunawan, dan Nur Muhammad Iskandar, S.Sn. Selain itu, hadir Mahasiswa yaitu Aldis Elwananda, Firmansyah Dian Prasety, Muhammad Faizun Naufal Riady, dan Aliya Azzahra. Di samping itu hadir juga Arya Sweta (Finance & Studio Manager – After Take), Wegig Widiyatmaka, S.Sn. (Kaprodi Seni Broadcasting & Film SMKN 8 Surakarta), Bowo Leksono (CLC Purbalingga) dan Suharsih (Content Manager Solopos) sebagai mitra output prodi FTV ISI Surakarta. 

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Pasal 55 (1) Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012). Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi. Berbagai aspek atau kriteria penilaian dilakukan di antaranya (1) Kriteria Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi; (2) Kriteria Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama; (3) Kriteria Mahasiswa; (4) Kriteria Sumber Daya Manusia; (5) Kriteria Keuangan, Sarana dan Prasarana; (6) Kriteria Pendidikan; (7) Kriteria Penelitian; (8) Kriteria Pengabdian kepada Masyarakat, dan (9) Kriteria Luaran dan Capaian Tridharma. 

Kegiatan dimulai dengan Pembukaan Asesmen yang dilanjutkan dengan sesi konfirmasi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yaitu Dekan FSRD ISI Surakarta Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum. dan UPPS baik dari bidang 1, 2, dan 3. Acara berlanjut dengan sesi konfirmasi dengan berbagai pihak yang terlibat. Keterlibatan berbagai pihak ini mendukung berlangsungnya Asesmen Lapangan dalam waktu dua hari pelaksanaan. Peninjauan lapangan mengenai fasilitas pendukung baik laboratorium, perpustakaan, pengelola sistem informasi, ruang dosen dan tenaga kependidikan, fasilitas umum, UKM, dan fasilitas pendukung lainnya juga dilakukan. Acara diakhiri dengan Penandatangan dan Penyampaian Berita Acara Asesmen Lapangan dan Wrap Up dari Asesor ke Pihak Pimpinan UPPS dan Kepala Prodi. 

Ketua Program Studi Film dan Televisi (FTV) mengungkapkan terima kasih atas kerja kolaboratif, kerja sama, bantuan dan dukungan nyata dalam Akreditasi Prodi FTV. “Semoga mendapat hasil terbaik, kita ikhtiar untuk hasil dari proses yang telah kita lalui. Semoga bermanfaat dan menjadi berkah bagi kita semua. Tetap semangArt!,” ungkap Widhi Nugroho, S.Sn., M.Sn. selaku Kaprodi FTV. [] Farhana Aulia

Share Article: