Breaking News

Default Placeholder

ISI Ska—Kompetisi Karya Mahasiswa 2023 Prodi Film dan Televisi, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta digelar di Solo Techno Park, 11—12 Oktober 2023. Himpunan Mahasiswa Film Televisi (HIMAFISI) ISI Surakarta melaksanakan kegiatan ini untuk menjawab tantangan keterbatasan ruang dan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempresentasikan hasil karyanya. Kompetisi Karya Mahasiswa (KKM) 2023 hadir dari kesadaran akan kebutuhan memberikan ruang eksplorasi dan kreativitas dalam produksi film. Kompetisi ini merupakan kesempatan untuk mengapresiasi karya-karya yang telah diproduksi oleh mahasiswa Prodi Film dan Televisi, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. 

Peserta karya terpilih mahasiswa Film dan Televisi dalam Kompetisi Karya Mahasiswa 2023 menerima penghargaan

Kegiatan Kompetisi Karya Mahasiswa (KKM) 2023 ini meliputi penayangan dan penyerahan penghargaan kepada film-film yang berpartisipasi dengan berbagai kategori film. Lebih dari 35 submisi film yang masuk dengan rincian 27 submisi untuk film fiksi, 6 submisi untuk film dokumenter, 3 submisi untuk program televisi dan 2 submisi untuk kritik film. Selain itu, terdapat workshop yang bertema Cinematic dihadiri peserta pelajar SMA/K di Kota Surakarta dari SMK Negeri 3, SMK Negeri 7, SMK Negeri 8, SMA Negeri 6, SMA Negeri 8, SMA MTA dan SMK Marsudirini. Pemutaran film karya terpilih dan terbaik pun dilakukan dalam kegiatan screening bareng yang diisi oleh narasumber yaitu perwakilan dari film dengan judul Sanitas (Noor Isnaen Yudar Virgansa Putra) dan Renjana (Labib Pratama). 

Film terpilih dari setiap kategori, yaitu film fiksi berjudul Sae Nopo Awon yang disutradarai oleh Muhammad Bapriyan; film dokumenter berjudul A Place To Call Home yang disutradarai oleh Enrian Jonathan; dan film produksi televisi berjudul YXG Nganteen yang diproduksi oleh Ngantin Club. Kategori kritik film berjudul “Distorsi Masyarakat Desa dalam Film Horor Indonesia” yang ditulis oleh Oka Sugawa pun turut terpilih dalam Kompetisi Karya Mahasiswa 2023.[] Rangga

Share Article: