25
Jan
2016

Ujian TA Skripsi Muchamad Choirul Abdulumar Imam Musoleh

Ujian Tugas Akhir MCA. Imam Musoleh telah berhasil dilaksanakan pada 25 Januari 2016 pukul 13.00 WIB di gedung dekanat lantai 3 kampus dua ISI Surakarta. Dalam tugas akhir skripsionya, Imam mengangkat tentang “Analisis Setting Sebagai Penguat Ide Cerita dalam Film Cahaya Dari Timur Beta Maluku”

Imam_FSRD_ISI-Solo_1

Mahasiswa saat Presentasi

Imam mengungkapkan bahwa setting perlu dikaji dalam sebuah penielitian, karena keberadaannya merupakan salah satu elemen Mise en Scene yang mampu mendeskripsikan waktu, tempat, dan suasana pada film. Film ini seolah juga memberikan kepada penonton bahwa adegan banyak dilakukan di setting outdoor, dimana permainan sepak bola sebagai sportifitas cerita yang mampu meredam konflik agama di Maluku.

Imam_FSRD_ISI-Solo_2

Tim Dosen Penguji

Dari beberapa setting menunjukkan bahwa setting desa Tuhelu sebagai penentu waktu. Imam mengkaji 16 setting dalam film Cahaya Dari Timur Beta Maluku ini yaitu, setting kerusuhan di perbatasan wilayah, setting pasar, setting pangkalan ojek, setting pantai, setting kamar mandi, setting lapangan Matawaru Maluku, setting jalanan Desa Tulehu, setting rumah Sani (ruang makan), setting halaman lapangan SMK Passo, setting ruang ganti pemain (Jakarta). Selain itu juga dibahas setting halaman kampung Maluku, setting masjid di Maluku, dan setting gereja.

Share

You may also like...