22
Jan
2016

Ujian TA Skripsi Eprilia

Ujian Tugas Akhir Skripsi Prodi Televisi dan Film telah berhasil dilaksanakan pada Jum’at, 22 Januari 2016 pukul 09.00 WIB di Gedung dekanat Kampus II, ISI Surakarta. Ujian akhirnya mengangkat judul tentang Resepsi Mahasiswa ISI Surakarta Terhadap Lagu Nina Bobo dalam Film Oo Nina Bobo.

epril_TV_FRSD_ISI-SOLO_1

Mahasiswa presentasi

Hasil FGD (Focused Grup Discussion)-nya menunjukkan bahwa lagu Oo Nina Bobo dapat membuat penonton ketakutan. Hal ini juga didukung oleh alur cerita yang apabila lagu tersebut dinyanyikan, maka muncullah sosok berjubah hitam yang sangat misterius. Pengemasan lagu dan cerita yang tampak menakutkan seolah telah berhasil membuat penopnton hanyut dalam setiap adegan. Secara tidak langsung, penonton terkesan bahwa lagu Oo Nina Bobo adalah lagu yang menyeramkan.

epril_TV_FRSD_ISI-SOLO_2

Tim Dosen penguji

epril_TV_FRSD_ISI-SOLO_3

Sesi foto bersama

Informan dalam FGD-pun tampak memiliki pendapat yang berbeda. Informan yang berada pada posisi negotiated reading menyatakan bahwa rasa takut yang muncul setelah mendengar lagu Oo Nina Bobo dalam ini tergantung dari setiap individunya. Sedangkan informan yang berada dalam posisi oppositional reading menyatakan bahwa lagu Oo Nina Bobo hanya sebatas lullaby, tidak ada unsur irama ataupun lirik dalam lagu tersebut yang perlu ditakuti.

Share

You may also like...