12
Feb
2016

Ujian TA Kekaryaan Basroni Susanto

Ujian Tugas Akhir Kekaryaan Basroni Susanto telah dilaksanakan pada 12 Februari 2016 pukul 09.00 WIB di Gedung Dekanat lantai III. Basroni Susanto membuat karya skenario Habis Berat Terbitlah Menang. Dalam skenario ini diceritakan bahwa Yeni adalah seorang remaja yang memiliki obesitas yang memiliki mimpi untuk menjadi sineman peran. Oleh karena itu, Yeni memutuskan untuk untuk melanjutkan sekolah seni di kota Solo.

Basroni_Tv_ISI-Solo_a

Mahasiswa saat presentasi

Basroni_Tv_ISI-Solo_b

Tim Dosen Penguji

Konflik dalam skenario ini mulai berdatangan ketika Yeni sudah mulai sekolah di Solo. Kesabaran Yeni diuji ketika banyak komentar dari teman-temannya tentang proporsi bentuk tubuhnya yang tambun. Puncaknya, karakter Cinderela dalam sebuah casting peran yang harus dilakukannya untuk keseian kalinya kurang sesuai dengan bentuk tubuhnya.

Basroni_Tv_ISI-Solo_cSesi foto bersama

Pada skenario ini, unsur-unsur diskriminasi terhadap orang yang memiliki obesitas digambarkan melalui adegan-adegan yang tampak berkesan merendahkan harga diri, pengucilan, dan pembatasan sikap terhadap orang obesitas. Tokoh sentral berusaha untuk melawan segala bentuk diskriminasi tersebut dengan cara menunjukkan bakat dalam dirinya agar tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Share

You may also like...