24
Apr
2022

Tjie Sardjana 2022: Pemutaran Karya Film Tugas Akhir Mahasiswa Film dan Televisi ISI Surakarta

ISI Solo– HIMAFISI (Himpunan Mahasiswa Film dan Televisi) FSRD ISI Surakarta gelar acara pemutaran karya film tugas akhir mahasiswa Film dan Televisi ISI Surakarta bertajuk Tjie Sardjana. Acara ini sebagai bentuk apresiasi kepada para fresh graduate FSRD ISI Surakarta yang telah berhasil lulus tepat waktu dan produktif berkarya membuat film meski di tengah pandemi. Tjie Sardjana berlangsung selama dua hari, 21-22 April 2022 di Teater Kecil ISI Surakarta.

Apresiasi penuh disampaikan kepada mahasiswa semester akhir yang berhasil menyelesaikan tugas secara tepat waktu, tutur Dr. Ana Rosmiati S.Pd,. M.Hum. selaku Dekan FSRD ISI Surakarta dalam sambutannya pada Opening Ceremony Tjie Sardjana Kamis, 21 April 2022. Kepala Program Studi Film dan Televisi ISI Surakarta, Widhi Nugroho S.Sn,. M.Sn. menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya Tjie Sardjana untuk mempertemukan para penikmat film dalam dialek seni melalui hasil karya.

Tjie Sardjana tahun ini adalah acara ke-2 setelah tiga tahun, dengan sepuluh karya film yang ditayangkan pada Tjie Sardjana tahun ini, ungkap Ketua Pelaksana Moch Eprom Bahar Najib. Tjie Sardjana 2022 terbagi tiga sesi pemutaran film tugas akhir dan dilanjutkan dengan diskusi bersama para film maker. Film “Sokoguru” karya Eko Fitri Yulyanto, “Smart?” karya Muhammad Bilal, dan “Hani” karya Muhammad Saleh mengawali pemutaran film di sesi pertama yang dilanjutkan diskusi dengan moderator Dwi Putri Nugrahaning Widhi, S.Sn, M.Sn.

Sesi kedua menayangkan film “Sabangka Sarope” karya Farid Khairil, selanjutnya film “Basiyat” karya Ahmad Faiz, dan film “Dua Ikan dan Sepiring Nasi” karya Bani Nasution. Sesi diskusi kedua dimoderatori oleh Reni Aprilina, S.Sn, M.Sn.

Terakhir sesi ketiga menayangkan film “Tattoo” karya Diqna Pauziyah Suryanti, film “Modong” karya Diana Fawwaza, film “Piknik Sekolah” karya Risky Afrian dan Film “Perjalanan Biasa dan Cerita Cintanya” karya Arif Aprilianto.

Diskusi film setelah pemutaran film di Tjie Sardjana 2022, berlangsung secara luring dan daring. Kolaborasi Himpunan Mahasiswa Etnomusikologi ISI Surakarta yang menampilkan musik keroncong menambah keseruan Tjie Sardjana.

Selain itu, Tjie Sardjana menghadirkan guest star grup Orkes dari Taman Sriwedari yaitu Om BaperSob yang menampilkan beberapa lagu ciptaannya.

Sebagai penutup acara, diakhiri dengan pemberian penghargaan dari panitia kepada para filmmaker yang telah berpartisipasi menampilkan karyanya dan berbagi ilmu serta manfaatnya kepada para penonton yang datang pada Tjie Sardjana 2022.[]

Share

You may also like...